Kamis, Oktober 14, 2010

Making Everyday Your Masterpiece

Making Everyday Your Masterpiece

1. Awali hari dengan mengucap syukur Alhamdulillah
Mengawali hari dengan berdoa dan mengucap syukur bahwa kita masih hidup, sehat dan diberikan kesempatan untuk berbuat hal-hal yang baik, tentu akan meningkatkan motivasi kita di pagi hari.

2. Jadilah motivator bagi keluarga anda
Ucapkan hal-hal yang baik bagi orang-orang yang anda kasihi di pagi hari. Peluk dan cium istri, suami serta anak-anak anda. Lakukan sesuatu yang bermakna bagi mereka. Sekedar menyiapkan makan pagi atau sekedar membuat minuman seringkali bisa meningkatkan suasana harmonis karena semua orang merasa dipedulikan. Pamitlah ketika akan meninggalkan rumah sehingga kita mendapatkan restu dari yang dirumah untuk berkarya hari ini.

3. Tunjukkan sikap bersahabat selama perjalanan ke kantor
Dimana-mana kita bisa menemukan orang yang stress. Berikan senyuman yang tulus kepada mereka. Doakan juga orang-orang yang tidak seberuntung anda yang ditemui sepanjang perjalanan. Misalnya para petugas kebersihan berusia lanjut yang harus bekerja di bawah terik sinar matahari dengan upah yang nyaris sulit untuk hidup secara layak.

4. Masuk kantor dengan prinsip S.E.E
Kantor ibarat rumah kedua bagi setiap pekerja sebab setiap minggu kita bisa menghabiskan waktu 40-50 jam di kantor. Ketika kaki melangkah memasuki rumah kedua, gunakan prinsip S.E.E. (Smile, Eye Contact and Entusiasm)

5. Bekerjalah dengan prioritas yang tepat
Agar tidak terjebak dalam rutinitas kerja, biasakanlah membuat prioritas kerja setiap harinya, pekerjaan mana saja yang penting, (karena merupakan kewajiban anda), dan mendesak (harus segera diselesaikan). Disiplinkan diri untuk bekerja sesuai dengan prioritas yang telah dibuat hari itu. Itulah sebabnya anda perlu membuat secara tertulis sebuah to do list.

6. Bersikap positif terhadap tantangan kerja.
Tugas-tugas baru yang sama sekali belum pernah anda lakukan bisa membuat anda stress atau bergairah. Sedikit stres hal yang wajar dan baik karena bisa membuat anda lebih bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu. Minimalisir stress dengan belajar dari rekan-rekan lainnya atau atasan anda. Atau cari bahan di buku, internet dll agar anda memiliki petunjuk bagaimana melakukan tugas-tugas baru tersebut.

7. Manfaatkan waktu makan siang untuk mengisi kembali mental Anda.
Manusia memiliki lapar fisik, lapar mental dan lapar rohani. Lapar fisik hanya bisa dipuaskan dengan makanan fisik. Begitu pun lapar mentak dan rohani yang hanya bisa dipuaskan dengan makanan mental dan rohani. Recharge kembali mental dan rohani kita dengan cara meluangkan waktu sejenak untuk berdoa, membaca buku saku yang positif, mendengarkan lagu yang positif, menelpon teman atau keluarga yang positif. Hindari bergosip ria!!

8. Akhiri waktu kerja anda dengan Rasa Syukur
Sebelum meninggalkan kantor, luangkan waktu sejenak untuk evaluasi diri. Apakah semua pekerjaan hari ini telah tuntas dikerjakan? Pekerjaan mana saja yang akan dilanjutkan esok hari? Lalu bersyukurlah atas kesempatan kerja hari ini yang telah dilalui sebaik-baiknya. Ingat, sukses adalah perjalanan untuk melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik.

9. Luangkan waktu anda bersama orang yang anda kasihi, lakukan aktivitas yang menyenangkan.
Jangan terlalu serius dengan hidup anda – nikmatilah. Lakukan hobi selepas jam kerja, pergi jalan-jalan, berolahraga, mengunjungi teman atau sekedar menghabiskan waktu untuk nonton tivi bersama anggota keluarga yang lainnya atau menemani anak belajar kerap kali membuat kita sadar bahwa hidup ini sungguh indah.

10. Akhiri hari dengan mengucap syukur
Tidak ada seorangpun yang dapat memastikan bahwa esok kita masih hidup. Namun, hari yang telah dilalui dengan baik, terlepas dari suka-duka yang kita alami, patutlah kita syukuri. Dengan begitu, kita boleh terlelap dalam tidur malam ini karena kita tahu bahwa kita telah melakukan yang terbaik hari ini.

By Paulus Winarto. www.pauluswinarto.com

Tidak ada komentar:

My bizniz

banner daftar

Find this

Follow Me